internet & web

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 INTERNET
          Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.  Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

2.2Konsep Internet
a. Network

Kebanyakan para pengguna PC menggunakan PC mereka sendiri tanpa menghubungkannya ke perangkat apapun selain Printer. Bagaimanapun juga, kita selalu dapat menghubungkan dua buah PC dengan sepotong kabel agar dapat saling berkomunikasi. (Biasanya hanya mentransfer data).
Sebagai intisari, ini adalah yang disebut sebagai jaringan – dua komputer atau lebih yang terhubung secara fisik dengan sepotong kabel. Hubungan di antara kedua komputer tersebut kemudian diatur dan dioperasikan dengan perangkat lunak khusus.

b. LAN

Sangat masuk akal untuk membuat kelompok jaringan komputer dimana dapat berbagi beban kerja yang sama, seringkali untuk alasan finansial dan lainnya. Jaringan komputer dimaksudkan bahwa orang  yang menggunakannya dapat berbagi file secara mudah, saling berkirim pesan, dan saring berbagi printer. Ide ini kemudian dikembangkan sebagai LAN. LAN bisa dalam bentuk kecil seperti hanya dalam lingkungan kantor, atau seluruh kota.


c. WAN

Dalam beberapa kasus, organisasi tersebar di beberapa area yang luas, dan kemampuan LAN tidak mumpuni untuk melakukan tugas komputasi. Dalam keadaan ini, komputer dapat dihubungkan dengan jaringan yang lebih luas yaitu WAN. Perbedaan antara WAN dengan LAN tidak hanya dari segi jarak, tapi juga mengacu ke teknologi. Dengan LAN kita akan mendapat jaringan yang lebih cepat daripada kita memakai WAN.

LAN dengan WAN tidak bekerja sendiri masing-masing, faktanya mereka bergabung bersama dengan sangat baik. Beberapa perusahaan memiliki keduanya, dimana WAN menghubungkan bagian-bagian dari LAN.

Jika kita mengambil sebagian kecil prinsip, jaringan tergabung membentuk jaringan yang besar, yang mana akan tergabung menjadi jaringan yang lebih besar dan seterusnya, sekarang kita mendapatkan gambaran apa internet itu. Secara fisik, internet hanya sekumpulan LAN dan WAN yang telah tergabung dalam level nasional maupun internasional.

a.      URL (Uniform Resource Locator)

URL adalah salah satu konsep dasar internet dimana URL merupakan suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu Web Server. URL diibaratkan sebagai suatu alamat, dimana alamat tersebut terdiri dari:
§  Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi. 
§  Nama dari komputer dimana informasi tersebut tersedia. 
§  Path serta nama file dari suatu informasi.
Format umum URL :
Protokol_transfer://nama_host/path/nama_file

b.      Protokol Transfer


Protokol transfer adalah salah satu konsep dasar internet, dimana protok transfer merupakan suatu protokol yang digunakan untuk pengiriman informasi di internet. 
§  HTTP adalah salah satu protokol transfer yang merupakan standar untuk suatu dokumen web. Selain protokol HTTP, dalam internet juga dikenal beberapa protokol lain diantaranya adalah
§  HTTP (Hypertext Transfer Protocol) protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh Web Browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen dan oleh Web Server dalam menyediakan dokumen yang diminta web browser. Protokol ini merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML.
§  FTP (File Transfer Protocol), protokol ini untuk mengunduh (download) dan mengunggah (upload) suatu file di FTP server. Dengan hal ini kita dapat bertukar file dengan cepat. Pada saat ini banyak program atau software yang bebas untuk di download dari manapun di Internet.
§  Telnet, protokol yang digunakan untuk login ke suatu server komputer. Telnet memungkinkan kita dapat mengakses komputer yang letaknya jauh dari komputer kita.
§  SSH (Secure Shell) didesain untuk menggantikan telnet dengan kelebihan dalam keamanan, beroperasi melalui TCP dan menyediakan autentifikasi dan komunikasi yang aman.

c.       DNS (Domain Names System)

Dan konsep dasar internet terakhir adalah DNS. Komputer-komputer di internet menggunakan suatu format penamaan standar untuk mempermudah pengelolaan server komputer di internet yang berkembang dengan cepat. Sistem penamaan server komputer ini adalah Domain Names System (DNS). DNS membuat suatu tingkat-tingkat domain, yang merupakan kelompok komputer-komputer yang terhubung ke internet. Berikut Contoh DNS yang ada sekarang.



Nama Domain
Jenis Organisasi
Com
Organisasi komersial
edu, ac.id
Lembaga Pendidikan
gov, go.id
Lembaga Pemerintah
Int
Lembaga Internasional
Mil
Organisasi militer
Net
Provider internet
Org
Organisasi umum



2.3 ISTILAH INTERNET
·         about = ihwal, perihal, mengenai, tentang
·         account = akun
·         admin = administrator
·         attachment = lampiran
·         bandwidth = lebar pita
·         bookmarks = tandai, beri markah, markah buku
·         blog = blogging, halaman ber-artikel
·         broadband = pita lebar, jalur lebar
·         browser = peramban, penjelajah
·         bulletin board = papan buletin
·         cache = singgahan
·         captcha = pemeriksaan keamanan untuk menghindari spam otomatis
·         carbon copy/cc (e-mail) = tembusan
·         chat = obrol, obrolan, rumpi
·         crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
·         collission = tabrakan data
·         connection = sambungan
·         copy = salin, kopi, ganda
·         cut = potong
·         cyberspace = ranah maya
·         database = pangkalan data, basis data
·         delay = tundaan
·         delete/del = hapus
·         device = peranti, perangkat
·         domain = ranah
·         download = unduh, ambil data, muat turun
·         edit = sunting, ubah
·         e-mail = imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat digital
·         forward/fwd (e-mail) = terusan
·         hacker = peretas, pemodifikasi data, perusak sistem
·         home = beranda
·         homepage = laman
·         hosting = hosting
·         hyperlink = pranala
·         interference = interferensi, gangguan signal
·         install = instalasi, pasang
·         interface = antarmuka
·         keyword = kata kunci
·         lag = lambat
·         link = taut, kait, pautan, pranala
·         load = muat
·         login / log on = log masuk, masuk log, lihat sign in
·         logout / log off = log keluar, keluar log, lihat sign out
·         mailing list = milis, senarai, forum ratel
·         newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
·         network = jaringan
·         networking = jejaring
·         noise = derau
·         offline = luring (luar jaringan), tidak terhubung, terputus
·         online = daring (dalam jaringan), terhubung, tersambung
·         passphrase = frasa sandi, kalimat sandi
·         password = kata sandi
·         paste = tempel, rekatkan
·         preview = pratayang, pratonton, pratilik
·         internet service provider = penyelenggara jasa internet
·         save = simpan
·         scan = pindai
·         search = mencari
·         setting = setelan, pengaturan
·         server = peladen
·         share / sharing = berbagi
·         sign in / sign on = catat masuk, lihat login
·         sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
·         site = situs
·         social media = media sosial
·         surfing = berselancar, selancar maya
·         tweet = kicauan, cericau
·         update = pemutakhiran, pembaruan
·         upload = unggah, muat naik
·         user = pengguna
·         username = nama pengguna
·         virtual reality = realitas maya
·         webpage = halaman web
·         website = situs web
·         wireless = nirkabel, radio
2.4 Layanan Iternet
Meskipun Web adalah layanan yang paling populer diantara pengguna internet, namun itu bukanlah satu-satunya yang ada di dunia maya ini.
·         E-mail (Electronic Mail)
https://i0.wp.com/2.bp.blogspot.com/-NCgHy0HDqm0/Tl5fqYZurNI/AAAAAAAAAOg/T-6slvyYEJE/s200/email1.png
Ini adalah layanan penyampaian pesan lewat jaringan internet. Mirip seperti surat-menyurat lewat pos. Bedanya, e-mail tidak membutuhkan perangko dan petugas pos. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah program e-mail seperti Outlook dan Outlook Express. Atau dapat juga memanfaatkan fasilitas secara online, yaitu e-mail berbasis Web. Kita perlu akses internet dan membuat akun yang dilindungi oleh password.
Dalam e-mail, sebuah alamat dilengkapi dengan simbol @ (dibaca at dalam bahasa Inggris) yang memisahkan nama pengguna dengan nama domainnya. Kita dapat menyimpan alamat-alamat e-mail teman ke dalam address book yang telah tersedia, dan berkirim surat elektronik pada mereka. Fasilitas ini jauh lebih mudah, murah dan cepat jika dibandingkan dengan pengiriman surat manual lewat jasa Pos.
·         FTP (File Transfer Protocol)
https://i1.wp.com/3.bp.blogspot.com/-FrhRTfbooO4/Tl5gzUz15cI/AAAAAAAAAOk/-h52QHiUrc4/s320/shop-drawings-ftp.jpg
FTP menentukan standar-standar dalam mentransfer file dengan upload dan download. Upload juga dikenal dengan nama “unggah”, sedangkan download memiliki nama lain “unduh”. File yang ditransfer dapat berupa file gambar, teks, video dan lainnya.
Terdapat suatu situs FTP yang berisi tentang file-file yang diam dalam suatu server. Banyak diantara situs-situs tersebut yang memiliki FTP anonim, dimana semua orang dapat melakukan transfer file. Namun ada juga yang membatasi file transfer hanya oleh mereka yang memiliki akun yang terotorisasi (dilengkapi password) pada server FTP itu.
https://i1.wp.com/2.bp.blogspot.com/-6VVZ_0u12AM/Tl5iD5XYCcI/AAAAAAAAAOo/UwVG9M2owZs/s320/telnet1.png
·         Telnet (Telecommunication network)
Adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
·         Newsgroup
https://i0.wp.com/4.bp.blogspot.com/-t4jkFIWo04Y/Tmbia_KWcOI/AAAAAAAAAPE/mamKvTRPKb0/s200/nwsgrp3.gif
Di sini merupakan area diskusi online bagi pengguna tentang objek-objek tertentu. Kita dapat bergabung dengan group ini dan mengirim pesan untuk ditanggapi oleh anggota lain. Ada juga yang mengharuskan kita untuk registrasi dulu untuk mendapatkan username dan password. Atau ada juga newsgroup yang khusus untuk komunitas tertentu.
Misalnya mahasiswa matakuliah tertentu yang dilengkapi dengan nama dan sandi mereka sendiri, akan dapat memasuki area diskusi sehingga pihak lain tidak dapat ikut campur dalam kuliah mereka. Biasanya kita menggunakan program Newsreader untuk berpartisipasi di dalamnya. Namun ada juga kelompok diskusi yang tidak membutuhkan fasilitas ini. Mereka menggunakan Message Board (papan pesan) yang relatif lebih mudah digunakan.





·         Gopher
https://i1.wp.com/1.bp.blogspot.com/-pcLsycIk1j0/Tmbi1Vx3iII/AAAAAAAAAPI/PrAVe0gXIFA/s200/gopher1.gif
Layanan ini digunakan untuk berhubungan dengan banyak pengguna komputer namun hanya bisa memuat teks saja, atau bisa dikatakan media komunikasi berbasis teks melalui internet.
·         Milis (Mailing List)
Milis adalah kelompok alamat e-mail yang memiliki suatu nama tunggal, yang menyatukan mereka dalam kelompok diskusi. Jika salah seorang anggota mengirim e-mail pada milis, maka otomatis seluruh anggota akan menerimanya. Biasanya dikelola oleh orang-orang yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya kesamaan institusi, atau kesamaan hobi.

https://i1.wp.com/4.bp.blogspot.com/-x8dyhmCqiCk/TmbjeTZdtjI/AAAAAAAAAPM/TYCXvsydkAY/s320/ct4skype_ui.jpg

·         Chatting
Chatting atau mengobrol, berarti melakukan pembicaraan tertulis real-time (saat itu juga) dalam komputer. Chat Room adalah lokasi pada server internet yang menampung orang-orang yang sedang chatting. Jika Anda mengirim pesan pada chat room, maka semua orang yang ada di server akan dapat membaca pesan Anda dan membalasnya secara langsung. Mirip seperi mengoblor di dunia nyata.
Ada juga yang dapat dilakukan lewat video sehingga kita dapat melihat lawan bicara kita di ujung sana. Untuk dapat dilihat dan didengar, kita membutuhkan headset dan webcam. Jika ingin melakukan chatting, kita harus memiliki program chat-client yang beberapa dapat diunduh gratis dari net. Lalu terhubung ke chat server dan mengobrol sampai tangan pegal.

https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/-A1NSx79T-GU/TmbkSmqQS1I/AAAAAAAAAPQ/tPLA2CH_kbI/s320/PC_to_Phone.gif
·         VoIP (Voice over Internet Protocol)
Disebut juga Telepon Internet. Artinya kita dapat menelpon lewat jaringan internet alih-laih lewat jaringan telepon biasa. Kita membutuhkan sambungan internet berkecepatan tinggi untuk dapat melakukan Voice over IP ini. Biaya yang dibutuhkan juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan telepon biasa

2.5 Dampak Internet
   a. Dampak Positif Internet
·         Menambah wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Bagi para pelajar juga sangat banyak manfaat yang bisa diambil, banyak informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bisa didapat di internet, dan tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan waktu mengajar guru. Bukan sekedar prestasi di sekolah yang harus dikejar, hanya semata-mata mengejar nilai bagus di atas kertas, tanpa tahu harus bagaimana kedepannya. Dengan banyaknya wawasan yang didapat dari internet, akan membuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju. 
·         Mendapatkan banyak ide baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Melepaskan pola pikir yang terkukung dan terpaku. Melihat informasi kemajuan-kemajuan yang dicapai negara lain secara cepat, melihat kesuksesan orang lain, tips dan triknya, yang bisa menjadi pemacu semangat belajar dan berusaha. 
·         Sarana komunikasi, semakin canggihnya internet memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas. Tidak terbatas ruang dan tempat, mungkin ini juga bisa dilakukan dengan handphone. Tentu saja, tetapi dengan jejaring sosial seperti Facebook di internet, memungkinkan kita untuk menemukan teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang kita ingin ketahui keberadaanya. Semua bisa dan mungkin dilakukan di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat. 
·         Mencari uang di internet, sangat mungkin, bisa dan masuk akal. Sudah sangat banyak yang membuktikannya, bekerja online lewat internet bisa menjadi sumber penghasilan. Meskipun bekerja secara online sebagai internet marketing (misalnya) masih dipandang sebuah pekerjaan yang tidak umum (baca: bukan teroris) oleh sebagian orang yang tidak paham. Bagaimana caranya, sangat panjang untuk dirinci secara detail, kita bisa menemukan banyak sekali jalan (secara benar) untuk mendapatkan penghasilan lewat internet. Dan untuk informasi mengenai cara mencari uang di internet bisa lewat pencarian google.
·         Manfaat Internet Dalam Pendidikan
Internet merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan. Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka yang berjauhan tempat tinggalnya.

    b. Dampak negatif penggunaan internet
·         Cybercrime Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat. Melintasi batas Negara Perbuatan dilakukan secara illegal Kerugian sangat besar Sulit pembuktian secara hukum
            Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
Hacking – Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.
Cracking – Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri,  mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
·         Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan parnografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Diinternet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
·         Violence And Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
·         Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
·         Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
·         Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
·         Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.



2.6 WORLD WIDE WEB (WWW)
pengertian-www
World Wide Web merupakan suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu sama lain dalam jaringan internet. Informasi-informasi dalam web mempunyai link-link yang menghubungkan informasi tersebut ke informasi lain di dalam jaringan internet. Sistem yang menghubungkan informasi-informasi melalui link ini disebut dengan nama hypertext.

World Wide Web menyediakan pengguna Internet akses ke berbagai macam media yang dikemas dengan sederhana. WWW adalah aplikasi yang paling menarik di internet, penting dan banyak digunakan. Dengan WWW ini kita dapat dengan mudahnya mendapatkan informasi, tidak hanya teks, gambar bahkan multimedia.

Informasi yang diletakkan di WWW disebut homepage ataupun situs (sites) yang memiliki alamatnya masing-masing. Untuk melihat isinya dibutuhkan suatu web browser, misalkan Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Mozilla, dan lain-lain.

Semakin berkembangnya World Wide Web, istilah hypertext menjadi hypermedia, dimana link-link penghubung antar informasi bukan lagi berupa suatu teks, tetapi juga bisa berupa suatu file multimedia seperti gambar, suara dan video. Bekerja pada web mencakup 2 hal penting, yaitu :
a.       Software Web Browser 
Browser merupakan tool yang berada di sisi client. Untuk mengakses web, anda memerlukan suatu program yang disebut Web Browser. Browser merupakan suatu program yang dirancang untuk mengambil informasi-informasi dari suatu server komputer pada jaringan internet. Informasi-informasi ini biasanya dikemas dalam page-page, dimana setiap page bisa memiliki beberapa link yang menghubungkan web page tersebut ke sumber informasi lainnya. Pertama kali munculnya www, browser hanya mampu menampilkan inforamsi dalam bentuk teks. Lynx merupakan salah satu contoh browser teks. Tahun 1993, NCSA membuat browser Mosaic yang memiliki kemampuan lebih baik dan dapat menampilkan gambar. Sejak kemunculan NCSA Mosaic, www mulai berkembang dengan pesat.Perkembangan ini menjadi jauh lebih cepat lagi setelah muncul browser Netscape Navigator dari Netscape Communication. Netscape memiliki kecepatan jauh lebih bagus daripada Mosaic dalam menampilkan informasi baik teks maupun gambar. Kemudian dunia browser semakin semarak setelah Microsoft mengeluarkan browser Internet Explorer. Baik Netscape dan IE telah mendukung penggunaan berbagai jenis objek multimedia serta VRML dan Java.
b.       Software Web Server
Web Server merupakan tool yang berada di sisi server yang akan memproses permintaan data dari web browser. Ada beberapa jenis web server yang banyak digunakan sekarang ini, antara lain : Internet Information Server 5.0 (IIS 5.0) yang berjalan pada Windows 2000, Personal Web Server 4.0 (PWS 4.0) yang berjalan pada Windows ‟98, Apache Web Server (http://httpd.apache.org) yang merupakan web server gratis yang mendukung PHP.

contoh-web-server-web-browser
Seperti contoh di atas. Kedua software ini bekerja seperti sebuah sistem client-server. Web browser bertindak sebagai client yang memungkinkan anda untuk menginterpretasikan dan melihat informasi pada web, sedangkan web server yang bertindak sebagai server memungkinkan anda untuk menerima suatu informasi yang diminta oleh browser. Jika suatu permintaan (request) akan suatu informasi datang, web server mencari file yang diminta tersebut dan kemudian mengirimkan ke browser yang memintanya.
2.7 Sejarah Web
            WWW merupakan sebuah program yang ditemukan oleh Tim Berrners-lee pada th 1991. Awalnya ia hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, ia mengembangkan suatu system untuk kepentingan pribadi. System itu yaitu, program prangkat lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, ia sukses membuat jaringan yang menentukan berbagai arsip maka memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan, inilah yang nantinya jadi dasar dari suatu perkembangan pesatnya dikenal sebagai WWW.
2.8 Cara Kerja Web
            Sebuah web browser adalah program prangkat lunak yang digunakan untuk mengakses World Wide Web dari internet. Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dkembangkan di pusat Nasional untuk aplikasi super computer di awal tahun 1990-an yang mudah digunakan, cukup klak-klik sehingga membantu mempopulerkan Web. Meskipun banyak browser yang berbeda, Microsoft internet explorer dan mozila firefox yang jauh yang paling populer.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

alat ukur besi putar